Prosedur baku penerimaan, penanganan dan tindaklanjut pengaduan
Saluran penerimaan pengaduan (digital berupa Email/Website/media sosial dan konvensional)
Publikasi prosedur baku dan saluran pengaduan
Media informasi terkait prosedur dan saluran pengaduan
Adanya Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap Layanan Pemerintah Desa
Survey kepuasan berdasarkan pelayanan yang diberikan pemerintah desa kepada masyarakat
Pelaksanaan Survey berdasarkan pada Pedoman penyusunan survey kepuasan masyarakat yang dikeluarkan oleh KemenPAN RB (PermenPAN RB No. 14 tahun 2017/yang berlaku).
Adanya Keterbukaan dan Akses Masyarakat Desa terhadap Informasi layanan pemerintah desa (kesehatan, pendidikan, sosial, lingkungan, tramtibumlinmas, pekerjaan umum), Pembangunan, Kependudukan, Keuangan, dan Pelayanan lainnya.
Informasi SPM sesuai dengan Permendagri No. 2 tahun 2017
Media Informasi (Poster, Banner, Media Sosial dan Website)
Adanya Media Informasi tentang APBDes di Balai Desa dan/atau tempat lain yang mudah diakses oleh Masyarakat
Baliho/Poster tentang APBDes, Prioritas DD, Alokasi per Bidang, Kontak Aduan